Senin, 29 September 2008

E-Commerce dan Google

Pertanyaan kedua dari tugas Management Infromation System....izinkan saya membahasnya

Apakah itu E-Commerce?
Electronic-Commerce(eCommerce) adalah penggunaan komunikasi elektronik untuk kepentingan bisnis.

Wigand (1997) mendefinisikan “Penggunaan teknologi aplikasi informasi dan komunikasi dimulai dari titik awal sampai titik akhir sejalan atas nilai dari rantai bisnis prosesnya dihubungkan oleh keelektronikaan dan desain untuk mencapai penyelesaian atas tujuan bisnis. Proses ini bisa saja secara parsial ataupun komplit dan mungkin merangkum transaksi bisnis ke bisnis atau bisnis ke konsumen atau konsumen ke bisnis”.

Keuntungan sebenarnya dari eCommerce adalah bukan merubah proses kerja menjadi lebih baik, tapi lebih menyediakan perubahan atas tradisi lama dengan menciptakan cara baru menjalankan transaksi bisnis.

4 Tipe dasar Hubungan pada eCommerce :
1. Bisnis ke Bisnis(B2B)
Hubungan ini melibatkan rantai utama supplai-aktivitas terkait EDI, EPS dan aktivitas pembagian data.
2. Bisnis ke Konsumen(B2C)
Hubungan ini melibatkan keutamaan internet terkait penjualan langsung dan aktivitas marketing yang dimana muncul diantara perusahaan dengan konsumen mereka, termasuk Penjulan Online, Internet Banking, dll.
3. Administrasi ke Bisnis(A2B)
Hubungan ini mencerminakan hubungan antara ketentutan atas informasi atau pengadaan terkait aktivitas antara bisnis dan pemerintah.
4. Administrasi ke Masyarakat(A2C)
Hubungan ini melibatkan ketentuan atas informasi kepada masyarakat.

Solusi terbaik eCommerce tergantung pada pertukaran tipe data yang dibutuhkan untuk menjalani bisnis mereka secara efektif. Sangatlah penting fokus pada proses bisnis daripada isu keteknikan seperti Hardware dan Software. Alat eCommerce yang berbeda masih dapat diterapkan pada objek bisnis yang berbeda dan rekanan bisnis yang berbeda.

Kelebihan yang bisa diberikan oleh eCommerce melebihi komunikasi non elektrik :
- Mengurangi Biaya : Mengurangi Pekerja, mengurangi kertas kerja, mengurangi error atas pengkuncian data.
- Mengurangi Waktu : Memperpendek waktu tempuh, pengiriman produk yang lebih cepat.
- Flexibility with Efficiency : Kemampuan untuk menangani situasi yang kompleks.
- Menambah waktu Hubungan Jangka Panjang antara Rekan Bisnis : Memperbaiki kualitas komunikasi antar rekan bisnis.
- Melihat pada Konsumen : Semakin dekat anda dekat dengan konsumen dan semakin sering kita bekerja sama dengan mereka untuk merubah bisnis normal menjadi eCommerce.
- Pasar Baru : Internet mempunyai potensi untuk memperluas bisnis anda menjadi lebih lebar secara lokasi geografis.

STRATEGI DAN TEKNOLOGI BISNIS GOOGLE

Produk utama Google saat ini yang menempati trafik tertinggi masih dimiliki oleh “mesin pencari Google” yang kemudian diikuti oleh produk-produk lain jauh dibelakangnya. Produk Google yang paling populer di tahun 2007 adalah : search, image search, Gmail, Google Maps and Google News. Slide selanjutnya menunjukan tingkat kunjungan dan tingkat perkembangan akan semua produk yang dimiliki oleh Google.

SEC adalah Securities & Exchange Commission (SEC) adalah agen pemerintahan yang mengawasi perusahaan seperti Google agar dapat menyerahkan evaluasi terbuka dari model bisnis yang dijalankan dan pangsa pasar yang dibidik. Laporan evaluasi inipun melingkupi tantangan-tantangan yang dihadapi Google, seperti :
1. Privatisasi pengguna data
2. Model Penambahan Nilai
3. Penambahan format terbaru
4. Pencarian yang bersifat personalisasi

Misi Google yang terangkum dalam laporan evaluasi SEC menyebutkan “Mengatur Informasi teknologi… dan menjadikannya terakses secara universal dan berguna”. Google percaya pada keefektifan dan keuntungan yang tinggi, dalam rangka meyelesaikan misi mereka adalah dengan menempatkan kebutuhan pengguna pada prioritas pertama.

KOMITMEN GOOGLE
1. Melakukan usaha terbaik untuk menyediakan hasil pencarian yang paling relevan dan berguna, terlepas dari insetif keuangan(sogokan).
2. Melakukan usaha terbaik untuk menyediakan iklan yang paling relevan dan berguna, yang dibutuhkan.
3. Tidak pernah berhenti untuk melakukan perbaikan atas pengalaman pengguna, teknologi pencarian dan hal lain yang penting adalah area informasi organisasi.

ARSITEKTUR GOOGLE



CRAWLING
Tujuan dari crawl adalah mengidentifikasi halaman yang relevan untuk indexing dan menilai apakah halaman itu telah mengalami perubahan. Crawling dilakukan oleh robot berbentuk laba-laba yang bekerja mengunjungi halaman web dan menerima referensi alamat(URL) halaman tersebut yang nantinya akan digunakan untuk proses analisa dan indexing.

INDEXING
Sebuah index dibuat untuk memudahkan mesin pencari mengulang pencarian halamn yang paling relevan yang berisi query yang diketik oleh pengguna. Daripada mencari setiap halaman untuk sebuah frase query, si mesin pencari menginverts index untuk membuat lookup tabel dari sebuah dokumen yang mengandung beberapa kata.

RANGKING DAN SKOR
Penggunaan rangking dan skor ini untuk menetukan informasi yang paling relevan. Adapun beberapa indikasi penting yang menentukan ranking/skor sebuah halaman :
PageRank – Jumlah penghubung(links) dari halaman yang lain.
Kepemilikan dan kepercayaan sebuah halaman yang mana mengacu pada halaman lain.
Jumlah banyaknya kata, kalimat dan sinonim yang muncul pada halaman tersebut.
Kemunculan kalimat diantara meta data dokumen termasuk judul dan meta tags.

Adanya SEC sebagai laporan evaluasi kepada pemerintah menunjukan hubungan eCommerce A2B terjadi, Google sebagai perusahaan bisnis yang bergerak di bidang jasa “pencarian” pada dunia jaringan ini telah benar-benar memperhatikan customer satisfaction. Hal ini tercermin dari komitmen yang dibuat oleh Google yang kemudian diterjemahkan dalam misi Google sebagai pengatur informasi demi kepentingan universal.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

e-commerce dan google sangat membantu aktivitas kerja, tapi selama ini e-commerce msi sedkt yg menggunakannya lantaran masyarakat indonesia blm ckp prcy thp sistem tsb