Senin, 29 September 2008

Do you know Knowledge Management?

Apa itu Knowledge Management? Kira-kira itulah pertanyaan singkat yang ditanyakan dosen MIS saya, yang saya jawab harus menggunakan Jurnal Internasional dan Power Point???...... well kira-kira kalo boleh saya rangkum jawaban saya dan atas pertanyaan" pengikutnya adalah seperti ini

Knowledge Management merupakan disiplin ilmu yang kompleks yang melibatkan keseimbangan antara manusia dan teknologi. Sebagai sebuah pengetahuan pada organisasi diterapkan pada orang, proses, produk dan yayasan. Kesuksesan penerapan knowledge management sangat bergantung pada pemahamn dan pengaruh sikap orang, budaya kerja dan struktur fisik dari organisasi. Dikarenakan kemajemukan alami dari sebuah bisnis perusahaan minyak dan gas mulai meningkatkan kesadaran atas knowledge management sebagai issue yang strategis. (Naguib C & Dr. Mohiuddin A, 1997)

Perusahaan minyak dan gas berhadapan dengan tugas yang rumit yang menuntut perlunya sebuah sistem knowledge management pada perusahaanya. Globalisasi, teknologi baru, outsourcing, kemitraan, peraturan pemerintah dan kurangnya pekerja ahli telah menambah kebutuhan akan sharing keahlian, menyebarkan pelatihan terbaik lebih cepat dan perbaikan pada proses kerja(SIS, 2002).

Tipe strategi Knowledge Management apa yang harus diadopsi atau bagaimana untuk memotivasi karyawan pada tipe organisasi perusahaan tertentu agar dapat menshare knowledge mereka, masih menjadi pertanyaan yang fundamental.
Konsep knowledge management dan faktor kritis keberhasilan yang di pelajari hanya mencakup 4 Faktor yaitu :
1. Kepemimpinan,
2. Organisasi,
3. Teknologi
4. Pembelajaran.
Adapun jumlah perusahaan yang digunakan sebagai pembanding berjumlah tiga perusahaan.

Gartner Group(1996), Mendefinisikan Knowledge Management sebagai ilmu yang mendisiplinkan atas pendekatan yang terintegrasi untuk proses identifikasi, dokumentasi, evaluasi, penerimaan dan pembagian semua aset informasi perusahaan. Aset ini bisa berupa database, dokumen, kebijakan dan prosedur dan keahlian dan pengalaman yang tidak terdokumentasi sebelumya pada seorang pekerja.

Bukowitz dan Williams(1990) Knowledge Management adalah proses dimana organisasi men-generate kesejahteraan dari intelektualitasnya atau aset dasar pengetahuan.

SARAN DAN KESIMPULAN
  1. Ketiga perusahaan harus dapat memastikan dukungan dari top management pada penerapan knowledge management ini.
  2. Ketiga perusahaan harus menuliskan kebijakan Knowledge Management dan panduan pada karyawan langsung menuju budaya berbagi pengetahuan.
  3. Perusahaan harus dapat membuat alat Knowledge Management yang handal.
  4. Ketiga perusahaan telah mengenalkan sebuah komunitas pelatihan, grup asistensi dll untuk membentuk komunitas belajar.
  5. Beberapa sistem pengakuan dan penghargaan telah dilaksanakan untuk dapat memotivasi karyawan.
Satu hal dari apa yang telah gw pelajari, entah pihak management tempat saya bekerja (Khususnya Bos-bos PCD) sadar gak yaa...bahwa mereka telah mulai menerapkan Knowledge Management di perusahaan??? bravo buat BOS PCD......



1 komentar:

Anonim mengatakan...

menurut gw KM itu adalah cr mendistribusikan knowledge yg dimiliki seseorang atau kelompok kepada seluruh bagian dab perorangan yg ada dalam organisasi tsb. that's right brother..!!, di pcd secara g sadar KM telah di terapkan...